200 Kapal Jolloro Bakal Ramaikan Deklarasi Pasangan ADAMA


LINTASNEWS.ONLINE, MAKASSAR -- Pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali kota Makassar Moh Ramdan Pomanto-Fatmawaty Rusdi, menggelar konferensi pers di Makassar Golden Hotel, Makassar, Rabu (2/9/2020)

Sederet pengurus partai pengusung dan pendukung turut mendampingi pasangan bertagline ADAMA ini.

Seperti, Koordinator Komunikasi Politik dan Media Garbi Sulsel, Muttaqien Yunus, Sekertaris Gerindra Kota Makassar Amir, Ketua Gerindra Makassar Erik Horas.

Ketua Bappilu DPD Partai Nasdem Kota Makassar, Mario David, Ketua Nasdem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi, Sekertaris Nasdem Kota Makassar Ari Ahari Ilham dan Sekertaris PBB Kota Makassar Aminuddin.

Dalam konfrensi pers itu, dibahas terkait rencana pelaksanaan deklarasi yang akan berlangsung Kamis (3/9/2020) besok.

Lokasi deklarasi sendiri direncanakan berlangsung di laut tepatnya di bibir pantai Anjungan Pantai Losari Makassar.

Akan ada dua kapal Phinisi yang bakal dikerahkan dalam deklarasi pasangan Adama.

Begitu juga dengan 200 perahu jolloro milik nelayan, juga akan dikerahkan mengawal perahu Phinisi yang akan ditumpangi pasangan Dani Pomanto-Fatmawaty dan sederet elit partai pengusung dan pendukung.

Selain 200 Perahu Jollorong sejumlah elit Partai Politik (Parpol) bakal menghadiri deklarasi pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawaty Rusdi (ADAMA) di Makassar

Partai Gelora ada Ketua umum Anis Matta, Bendahara umum Achmad Rilyadi, Ketua DPW Sulsel Syamsari Kitta dan Sekretaris DPW Sulsel Mudzakkir Ali Djamil.

Partai Genrindra, Waketum Sufmi Dasco, anggota DPR RI Habiburokhman, Prestyo Hadi, Hadi Wiyanto, Ketua Baleg Bambang Haryadi, dan Anggota DPR RI Haerul Saleh.

Partai Nasdem, Waketum Ahmad Ali, Rachmad Gobel, Wakil Sekretaris Nining dan beberapa anggota DPR RI.

Partai Bulan Bintang, Sekjen PBB Afriyansyah Noer, Badaruddin Puang Sabag, Ketua DPC PBB Kota Makassar Ali Basara Abubakar dan beberapa lainnya.

Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawaty Rusdi bakal menggelar deklarasi di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar.

Sementara, tamu undangan akan berkumpul di vanue Makassar Hotel Golden.

Sementara itu, Dua kapal Phinisi yang akan menjadi menjadi panggung deklarasi bagi pasangan Danny Pomanto-Fatmawaty Rusdi itu, akan bergerak dari anjungan Pantai Losari ke arah vanue Makassar Golden Hotel.

Di atas kapal Phinisi, pasangan bertagline ADAMA itu akan didampingi sejumlah elit partai pengusung dan pendukung Nasdem, Gerindra, Gelora dan Partai Bulan Bintang.

"Kenapa kami buat di laut, kenapa kami libatkan nelayan itu tidak lain karena adanya variabel atau sesuatu yang harus kita pertimbangkan adalah social distancing dalam rangka penegakan protokol Covid-19," kata Danny Pomanto saat konfrensi pers di Makassar Golden Hotel, Jl Pasar Ikan Makassar, dikutip Tribum Makassar

Dengan menggelar deklarasi di laut, jumlah massa yang hadir dapat secara otomatis terbatas. Pihak panitia membatasi hanya 250 undangan.

Namun, bukan berarti masyarakat tidak dapat mengikuti acara deklarasi tersebut.

Pasalnya, pasangan ADAMA telah menyiapkan acara deklarasi secara virtual melalui jejarin online dan tayangan live TV Nasional, Metro TV.

"Jadi yang hadir adalah hanya pengurus partai pengusung dan pendukung. Masyarakat kita imbau di rumah masing-masing nonton TV, live streaming, live di TV nasional maupun live beberapa tv lokal," ujarnya.

Moh Ramdhan Pomanto yang merupakan pemilik ide atau penggagas mengungkapkan, perahu Phinisi bagi masyarakat Kota Makassar begitu lekat.

Di dalamnya, kata dia terdapat spirit dan simbol budaya kejayaan Bugis-Makassar.

"Kalau bicara Phinisi pasti yang diingat adalah Bugis Makassar. Kalau ingat Bugis Makassar pasti di Kota Makassar. Kenapa libatkan nelayan 200 karena kita ingin kebijakan kita nantinya harus terus melibatkan masyarakat," terang mantan Walikota Makassar priode 2014-2019 itu.

Tak hanya kapal Phinisi dan perahu jolloro nelayan. Deklarasi ADAMA yang bakal berlangsung mulai pukul 17.00-18.00 Wita itu, juga akan dimerihakan penampilan penggiat seni dengan pertunjukan gendang tunrung pakanjara.

Lebih baru Lebih lama