Menteri Pertanian RI Apresiasi Kinerja Bapak Porang Sulsel

Menteri Pertanian bersama Wakil Ketua DPRD Sulsel melakukan Panen Raya Tanaman Porang

LINTASNEWS.ONLINE, SIDRAP -- Diketahui tumbuhan Porang adalah salah satu bahan makanan khas para tentara jepang pada waktu berperang di Negara Republik Indonesia.

Tumbuhan porang liar tersebut kini di budidayakan oleh salah satu anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, yang bernama H Syaharuddin Alrif wakil ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari fraksi Nasdem di kampung halamannya Kabupaten Sidrap.

H Syaharuddin Alrif yang di kenal dengan karakter sangat ramah, ceria serta bermasyarakat ini menggeluti usaha penanaman Porang sejak tahun 2019 dan pada Selasa sore kemarin tanggal 28 Juli 2020, telah melaksanakan panen perdana tanaman porang di Dusun Tellang Desa Talumae Kecamatan Wattang Sidenrang Kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan.

Panen perdana tanaman porang dengan luas 1 Hektar di Desa Tulamae di hadiri langsung oleh Menteri Pertanian DR H Syahrul Yasin Limpo, SH.,MH bersama Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Drs Halim Pagarra.,MH. Wagub Sulsel H A Sudirman Sulaiman ST, Pejabat Utama Kementerian RI dirjen dan Direktur serta Staf khusus, Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf JP Situmorang, Wakil Bupati Sidrap Ir. H Mahmud Yusuf, Bupati Enrekang H Muslimin Bando, wakil Bupati Enrekang Asman SE, Kadis Pertanian Sidrap Ir Azis Damis, Kapolres Sidrap AKBP Leonardo Panji Wahyudi, Ketua DPRD Sidrap H Ruslan Fraksi Nasdem Sidrap serta sejumlah pimpinan perbankan dari Bank BNI, BRI dan Mandiri.

Menteri Republik Indonesian, DR H Syahrul Yasin Limpo saat di temui usai pelaksanaan acara panen perdana tanaman porang mengatakan sangat mengapresiasi kinerja kerja H Syaharuddin Alrif dalam pembudidayaan tanaman porang di Sulawesi Selatan khusunya di Kabupaten Sidrap.

"Kinerja kerja H Syaharuddin Alrif betul-betul terbukti, dimana pembudidayaan tanaman porang yang di gelutinya bersama masyarakat di Dusun Tellang Desa Talumae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidrap, hari ini telah kita panen".

"Alhamdulillah hasil panen tanaman porang tersebut sangat memuaskan, kata Syahrul kepada awak media saat panen sendiri beratnya sampai 7(tujuh) Kg untuk satu buah.

Atas keberhasil pada panen porang perdana ini kata dia, maka H Syaharuddin Alrif yang juga sebagai wakil ketua DPRD Provinsi Sulsel berhak mendapat gelar sebagai "Bapak Porang Sulawesi Selatan".

DR H Syahrul Yasin Limpo menambahkan, kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sidrap dan kebupaten lain yang sempat hadir pada acara panen perdana tanaman porang di Desa Tulamae Sidrap, agar kiranya bisa mengikuti jejak langkah sukses bapak porang Sulawesi Selatan dalam menuju kesejahteraan bersama".

Terpisah ditemui awak media, H Syaharuddin Alrif sangat berterima kasih kepada bapak menteri pertanian Republik Indonesia DR H Syarul Yasin Limpo, yang telah hadir ditengah tengah masyarakat Kabupaten Sidrap dan memberikan motifasi semangat kepada mereka untuk ikut melakukan penanaman porang yang sangat menjanjikan ini"


"Terima kasih kepada bapak menteri pertanian atas segala masukannya dan bantuannya kepada para petani porang di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan," ucap Sahar.

"Insya Allah pembudidayaan tanaman porang di Sulawesi Selatan tidak hanya sampai disini saja kata dia, akan tetapi saya akan melakukan penanaman porang yang merata di beberapa wilayah kabupaten tetangga seperti Kabupaten Enrekang, Pinrang, Wajo dan sebagainya".



Lanjut kata Sahar, "kepada seluruh lapisan masyarakat yang hendak melakukan atau ikut menanam tanaman porang di daerah masing masing, saat ini pihak perbankan seperti Bank BRI, BNI, dan Mandiri siap menjamin modal usaha awal, dimana para calon petani porang hanya menyiapkan lahan dan nantinya bisa langsung melakukan pinjaman modal awal atas dasar rekomendasi jaminan dari saya pribadi".

"Karena pihak perbankan dan saya pribadi sudah melakukan kontrak kerja sama yang disaksikan oleh menteri pertanian bersama para  pejabat utama kementerian RI dalam hal ini Dirjen bersama Direktur dan staf ahli serta para pimpinan bank BNI, Mandiri dan BRI," tutupnya.
Lebih baru Lebih lama